Senin, 14 Maret 2011

MARI BERDAKWAH !!!


by:ahmadovic
Dakwah suatu kata yang sudah tidak asing lagi di telinga kita, dakwah menurut bahasa artinya mengajak atau menyeru, sedangkan menurut pengertian yang lebih khusus dakwah berarti mengajak dan menyeru manusia kejalan ALLAH. Adapun Orang-orang yang kita ajak/ dakwahi adalah semua orang disekitar kita ,orang kafir agar mendapat hidayah iman dari ALLAH SWT bahkan Muslim yang lain karena masih banyak Muslim yang melanggar ajaran Islam.

Dakwah bukan hanya sebatas ceramah agama atau tabligh akbar, tetapi semua upaya kita agar tercapai kepada tujuan-tujuan dakwah juga disebut sebagai dakwah. Dengan begini semua orangpun bisa berdakwah, bukan hanya para Ustadz dan para Kiai saja, tentu saja sesuai dengan kapasitas dan kemampuan kita masing-masing.
Rasulullah SAW bersabda: "Sampaikan dariku meski hanya satu ayat." artinya jika kita tahu satu ayat, sampaikan satu ayat. Jika kita tahu dua ayat sampaikan dua ayat. Jangan sampai kita tahu satu ayat atau lebih kita hanya diam saja atau bahkan menyembunyikannya.

ALLAH berfirman: "Sesungguhnya manusia tetap dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan beramal shaleh dan saling ingat-mengingatkan untuk berbuat yang benar dan saling ingat-mengingatkan untuk bersabar." (QS. Al-'Ashr 2-3).
Selain kewajiban dakwah juga punya beberapa keutamaan, diantaranya:

1. Kerja dakwah yang disandarkan kepada para Nabi dan Rasul adalah suatu keutamaan, sebab mereka adalah manusia yang paling utama dan mulia. Firman ALLAH: "Katakanlah (hai Muhammad): 'inilah jalanku, aku dan orang-orang yang mengikutiku berdakwah kepada ALLAH denganhujjah yang nyata. Maha Suci ALLAH dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik". (QS. Yusuf: 108).
Ayat ini menegaskan bahwa orang-orang yang mengikuti Rasulullah adalah orang-orang yang mengambil dakwah sebagai jalan hidupnya, Maka "berdakwahlah!" jika ingin mengikuti Rasulullah.

2. Dakwah adalah amal perbuatan yang terbaik. Firman ALLAH: "Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang berdakwah (menyeru) kepada ALLAH, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: "Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri?" (QS. Fushilat [41]: 33).

3. Simaklah sabda-sabda Rasulullah berikut ini.
"Orang yang menunjukkan kepada kebaikan, seperti orang yang melakukannya." (HR. Ahmad, Abu Ya'la, dan Ibnu Abid Dunya)
"Siapa yang mencontohkan perbuatan baik dalam Islam, lalu perbuatan itu setelahnya dicontoh (orang lain), maka akan dicatat pahala untuknya pahala seperti pahala orang yang mencontohnya tanpa dikurangi sedikitpun pahala mereka yang mencontohnya." (HR Muslim dari Jarir bin Abdillah Radiyallahu'anhu))
"Demi ALLAH, sesungguhnya ALLAH menunjuki seseorang karena (dakwah)mu maka itu lebih baik bagimu daripada unta merah." (Bukhari, Muslim, dan Ahmad). Unta merah adalah kendaraan yang paling mewah dan paling dibanggakan dizaman Rasulullah.

Rasululullah berkata kepada Ali Radiyallahu'anhu: "Wahai Ali, sesungguhnya ALLAH SWT menunjuki seseorang dengan usaha kedua tanganmu, maka itu lebih baik bagimu dari tempat manapun yang matahari terbit diatasnya (lebih baik dari dunia dan isinya)." (HR Al-Hakim dalam Al-Mustadrak).
"Sesungguhnya ALLAH SWT memberi banyak kebaikan, para malaikat-NYA, penghuni langit dan bumi, sampai semut-semut dilubangnya dan ikan-ikan selalu mendoakan orang-orang yang mengajarkan kebaikan kepada orang lain." (HR Tirmidzi dan Abu Umamah Al-Bahili). SUBHANALLAH, bayangkan berapa jumlah malaikat semut dan ikan di dunia ini, betapa besar kebaikan yang didapat oleh seorang pendakwah (da'i) dengan do'a mereka semua.

4. Selain untuk menasehati orang lain, dakwah pada saat yang sama juga sebagai nasehat untuk diri sendiri, maka sebelum dakwah itu bermanfaat untuk orang lain, lebih baik materi dakwah tersebut sudah bermanfaat bagi diri sang pendakwah. Dakwah juga menimbulkan rasa malu kepada Allah, diri sendiri, dan orang lain. Ia akan malu apabila yang ia dakwahkan tidak diterapkan dahulu pada dirinya. Hal ini merupakan faktor positif sehingga seseorang bisa menjadi orang yang baik.

5. Dakwah merupakan penyelamat dari azab ALLAH. Firman ALLAH SWT: "Mengapa kamu menasehati kaum yang ALLAH akan membinasakan mereka atau mengazab mereka dengan azab yang amat keras. "Mereka menjawab: "Agar kami mempunyai alasan (pelepas tanggung jawab) kepada Tuhanmu, dan supaya mereka bertaqwa. Maka tatkala mereka melupakan apa yang diperingatkan kepada mereka, KAMI selamatkan orang-orang yang melarang dari perbuatan jahat dan KAMI timpakan kepada orang-orang yang zalim siksaan yang keras, disebabkan mereka selalu berbuat fasik." (Al-A'raf [7]: 163-164)
Allah SWT berfirman: " Dan peliharalah dirimu dari pada siksaan yang tidak khusus menimpa orang-orang yang zalim saja diantara kamu, dan ketauhilah bahwa ALLAH amat keras siksaan-Nya." (QS Al-Anfal [8]: 25).
Do'a-do'a kita tidak lagi didengar oleh ALLAH, jika dakwah kita terhenti ditengah-tengah masyarakat. Rasulullah bersabda: "Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-NYA, kalian harus melakukan amar ma'ruf dan nahi munkar, atau ALLAH akan menurunkan hukuman dari-NYA dan DIA tidak mengabulkan doa kalian." (HR Tirmidzi, beliau berkata: "Hadits ini hasan").

6. Dakwah juga jalan menuju Khairu Ummah (umat terbaik). ALLAH SWT berfirman: "Kalian adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada ALLAH. Sekiranya ahli kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, diantara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik." (QS Ali "imran [3]: 110).
Demikianlah beberapa keutamaan dalam berdakwah, semoga bisa membangkitkan diri kita bahwa dakwah itu lebih dari suatu kewajiban melainkan suatu kebutuhan bagi diri kita. Untuk itu mari berdakwah menurut kemampuan kita masing-masing !. ALLAHUAKBAR...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terimaksih dan jangan lupa komentarnya.