Senin, 14 Maret 2011

TIPS-TIPS MERAIH CINTA

love rinjani skill development center
by: Ahmdvc

Kebanyakan dari kita akan mengartikan arti "cinta" dengan hubungan spesial antara laki-laki dengan perempuan, sebenarnya arti cinta yang sesungguhnya lebih luas dari itu.
Rasulullah SAW banyak mengajarkan umatnya untuk saling mencintai dan mengasihi, sehingga dalam kehidupan sehari-hari akan ada rasa cinta.
Ada beberapa ajaran Rasulullah sebagai tips untuk meraih cinta.

1. Menebarkan salam.
Rasulullah bersabda: "Kamu sekalian tidak akan masuk surga sebelum beriman, dan kamu sekalian tidaklah beriman sebelum saling mencintai. Maukah kalian aku tunjukkan sesuatu yang apabila kamu kerjakan niscaya kamu sekalian akan saling mencintai? yaitu sebarkanlah salam diantara kamu sekalian." (HR. Muslim).
Ucapan salam punya daya magnet yang luar biasa bahkan kita pun bisa merasakan dan membuktikannya, sampai-sampai hati kita menjadi damai dan sejuk, saat mendengar orang lain mengucapkan salam, meskipun dalam tersebut tidak tertuju kepada kita.

2. Khafdus Shaut (Merendahkan suara)
Kita akan mendapatkan kasih sayang Allah dengan merendahkan suara, dan dengan berkata sopan pula merupakan salah satu bentuk kasih sayang terhadap orang lain. Rasulullah bersabda:
"Orang-orang yang mengasihi akan dikasihi Ar-Rahman. Sayangilah orang yang berada di muka bumi, pasti yang dilangit akan mengasihimu."
"Tidak termasuk umatku, orang yang tidak menghormati orang tua dan tidak menyayangi yang muda."
Salah satu bentuk kecintaan adalah berkata sopan dan merendahkan suara terhadap yang tua dan mengasihi terhadap yang muda. Allahua'lam

3. Dzikir
Allah SWT berfirman: "Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan Dzikrullah. Ingatlah dengan berdzikir hati menjadi tenteram." (QS. Ar-Ra'du: 28).
Kita merasa bahagia mencintai Ibu, Ayah, Anak, Istri atau Suami kita. Subhanallah, betapa bahagianya saat kita bisa mencintai yang menciptakan cinta itu.

4. Memberi Hadiah.
"Saling memberikan hadiahlah niscaya kamu akan saling mencintai." (HR Bukhari).
"Berilah hadiah, karena hadiah mendatangkan cinta kasih dan menghilangkan rasa benci." (HR Ad-Dailami)

5. Memahami Orang lain.
Rasulullah sering mengingatkan agar umatnya punya rasa saling memahami (tafahum) sehingga akan meningkatkan rasa ukhuwah islamiyah, sehingga timbullah kemauan untuk saling bekerjasama dilanjutkan menjadi mendahulukan kepentingan orang lain daripada kepentingan sendiri, itulah tingkatan tertinggi dalam ukhuwah.

6. Silaturrahim.
Ali RA meriwayatkan dalam sebuah hadits, Rasulullah bersabda: "Barangsiapa yang mengambil tanggungjawab suatu perkara, aku akan menjaminnya empat perkara. Barang siapa bersilaturrahmi umurnya akan dipanjangkan, kawan-kawannya akan cinta kepadanya, rezekinya akan dilapangkan, dan dia aman masuk surga." (Kanzul 'Ummal).
Allah akan membalas didunia bagi orang yang menyambung silaturrahim, diantaranya: kedekatan kepada Allah, diluaskan rizqinya, dipanjangkan umurnya, dimakmurkan rumahnya, mati khusnul khatimah, dicintai Allah dan dicintai keluarga.

7. Zuhud.
Rasulullah bersabda: "Zuhudlah terhadap apa yang ada didunia, maka Allah akan mencintaimu. Dan zuhudlah terhadap apa yang ada disisi manusia, maka manusiapun akan mencintaimu." (HR Ibnu Majjah, Tabrani, Ibnu Hibban dan Al-Hakim).
InsyaAllah rasa cinta dan kasih sayang sdiantara umat Islam semakin erat apabila kita mengamalkanpesan-pesan Rasulullah diatas. Dan indahnya hidup dengan cinta akan mudah kita rasakan. (Ahmdvc)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terimaksih dan jangan lupa komentarnya.